11/19/2016

Tips bagi para atlet

tikel

Tips Sehat Bagi Atlet Untuk Berprestasi
01-05-2013 | Dr. Finda Ferdiana
Seseorang akan merasakan hidup yang maksimal, selalu fit, bertenaga dan bagi atlet mampu berprestasi apalabila segala kebutuhan gizinya terpenuhi dengan baik. Secara rata-rata kebutuhan kalori bagi tiap atlet berkisar antara 2500-5000. Dengan proporsi seperti lemak 20-30 persen, protein 13-20 persen dan karbohidrat 55-70 persen.

Protein tidak digunakan sebagai sumber energy para atlet. Melainkan sebagai zat pembangun dan pengatur cairan tubuh. Kebutuhan akan protein sangat dipengaruhi oleh kehadiran menu hayati yang disajikan. Dimana secara umum mutu protein hayati mempunyai kandungan yang lebih rendah dibandingkan dengan protein hewani.

Dalam keseharian, seorang olahragawan perlu memperhatikan tingkat keseimbangan elektrolit yang harus benar benar dijaga. Misalnnya keluarnya keringat yang berlebih karena udara sangat panas. Harus diimbangi dengan pergantian cairan tubuh supaya tidak menimbulkan efek yang serius dan berkepanjangan.

Jangan salah, bahwa setiap keringat manusia yang dikeluarkan tersebut mengandung zat-zat penting. Seperti kalium, khlorida, natrium dan dalam jumlah yang besar. Pemberlakukan keseimbangan elektrolit ini sebaiknya
diterapkan pada setiap atlet yang mempunyai program menurunkan berat badan.
Penelaahan keseimbangan elektrolit ini terutama ditujukan untuk memperoleh susunan makanan dan minuman yang sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing atlet. Memikirkan kembali minuman anda. Soda minuman energy dan minuman olahraga sering sarat dengan gula sederhana dan memberikan sedikit jangka panjang bahan bakar.

Banyak tips untuk membentuk, mempertahankan fisik yang prima bagi atlet yang berprestasi. Antara lain, gizi olahraga, tidur berkualitas, latihan fisik yang cerdas dan jiwa yang sehat.

Gizi Olahraga

Gizi olahraga merupakan aspek penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan prestasi seorang atlet. Kehidupan seorang atlet tentu berbeda dengan manusia lainnya. Seorang atlet harus benar benar menjaga pola hidup terutama makanannya yang ia konsumsi setiap harinya.

Gizi olahraga mempunyai relasi simetris dengan tingkat prestasi seorang atlet. Mengapa? Sebagai contoh atlet binaraga harus benar benar menjaga kadar gizi dari setiap makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Jelas bukan lemak yang harus diperbanyak. Karena yang paling dibutuhkan adalah zat yang mampu berfungsi memperbesar otot, yaitu protein.
Manfaat dari diperolehnya kebutuhan gizi dalam kehidupan atlet diantaranya, sebagai zat pembangun, menjaga dan memperbaiki serta mempertahankan semua jaringan dalam tubuh.

Tidur Berkualitas

Istirahat dan tidur berkualitas bagian yang penting untuk pemulihan tenaga seorang atlet. Tetapi selama pertandingan, waktu istirahat tidaklah sebanyak ketika latihan. Untuk itu, yang dibutuhkan bukanlah lamanya tidur tetapi kualitasnya.

Nick Littlehales, seorang ahli kesehatan tidur olahraga memiliki tips tidur berkualitas bagi atlet.
  1. Pastikan kasur, bantal dan selimut dapat memberikan dukungan yang tepat.
  2. Pilith tempat tidur yang tidak menyulitkan jalan nafas, nyaman dan dapat meng-induksi tidur. Tempat tidur untuk atlet biasanya berkontur (ada garis batas) bagian atas matras sensitive tekanan, berbahan linen dan selimut sensitif suhu.
  3. Rencanakan waktu bangun tidur dengan baik sehingga bisa mengira waktu untuk bergegas naik tempat tidur.
  4. Tidur pendek disiang hari merupakan jam tidur alami untuk manusia. Antara pukul 13.00-16.00 carilah tempat yang tenang untuk duduk atau berbaring sejenak. Tak perlu lama-lama cukup 20 menit.
  5. Jangan biarkan anda terlalu lelah saat tidur. Karena hal ini akan membuat anda melewatkan tahapan-tahapan tidur dan langsung menuju tidur dalam. “Ini kontraproduktif” jelas Nick.
  6. Jikat tidak ada pendingin ruangan, buka jendela kamar untuk membiarkan udara segar masuk. Karena tempat tidur dan kamar tidur memerlukan suhu 16 derajat (C) dan 18 derajat (C). Suhu optimum untuk menjamin tidur malam yang baik.
  7. Makan malam terakhir adalah 3 hingga 4 jam sebelum tidur. Snack (makanan ringan) setidaknya 90 menit sebelum tidur. Hal ini untuk memastikan anda tidak tidur dengan usus atau kandung kemih yang terlalu penuh.
  8. Gunakan lampu dengan cahaya redup atau matikan sama sekali. Ini akan membuat anda lebih santai dan memicu produksi hormone tidur melatonin, yang bisa membantu meredakan stress dan meringankan ketegangan otot.
  9. Untuk waktu tidur yang optimal, tidurlah dengan posisi janin (menekuk kedua kaki kea rah dada atau melungker) dengan sisi tubuh yang non-dominan. Missal anda dominan menggunakan tangan kanan maka miringkan tubuh ke posisi kiri dan sebaliknya.

Latihan Fisik Yang Cerdas

Berpikir jauh ke depan, sebelum mulai berlatih serius untuk olahraga. Pastikan bahwa anda memiliki dasar yang solid kebugaran. Substansinya adalah, diskusikan pelatihan dengan ahli. Rencanakan latihan dengan
pelatih. Ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa anda melakukan ini dengan aman.

Jangan Pernah Melewatkan Makan

Atlet membutuhkan energi untuk melakukan aktifitas fisik tiap hari. Makan secara teratur sesuai dengan jadwal dan tidak pernah melewatkan makan. Sebab ketika melewatkan makan, metabolism tubuh jadi menurun. Kadar gula dalam darah juga turun, sehingga itu menyebabkan seseorang ingin makan berlebihan.

Makanan segar pada umumnya lebih sehat dari pada makanan olahan. Fokus pada buah/sayuran, biji-bijian, susu lowfat, yoghurt/keju dan daging tanpa lemak atau pengganti daging. Buah-buahan berwarna cerah dan sayuran merupakan sumber terbaik antioksidan. Nutrisi membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada tubuh selama latihan harian.

Menuliskan jadwal makan. Sebuah buku harian makanan akan membantu anda memahami dan mengubah kebiasaan makan yang tidak sehat. Hal ini juga akan membantu dalam menciptakan kebiasaan yang baik ke depan.

Tiada ulasan: